Dust colletcor pada pabrik kayu
Pemotongan dan perataan kayu pada proses pengolahan kayu banyak menyebabkan polusi udara seperti debu dan serbuk kayu. Untuk mengatasi polusi dan mengurangi polusi agar tempat kerja produksi tetap bersih dan nyaman, maka dust collector dibuat untuk mengontrol polusi dalam ruangan kerja produksi.

dust collector
dust collector

Dust collector pada pabrik kampas kopling/rem
Sama halnya pada proses pengolahan material di pabrik kayu, pada pabrik kampas kopling dan rempung banyak terjadi perataan bahan yang menyebabkan polusi di tempat kerja. Tetapi disini material polusi berbeda dengan pabrik kayu sehingga jenis dust collector yang digunakan harus sesuai dengan material penyebab polusi tersebut.

dust collector

Dust collector pada pabrik rokok
Proses pengerjaan bahan baku di pabrik rokok jg banyak mengundang polusi udara. polusi tersebut akan dihisap dan di filter sehingga udara yang keluar ke lingkungan luar adalah udara bersih.

dust collector

Dust collector pada pabrik kusen cor
Prosses pembentukan, perataaan dan pemotongan kusen cor juga dapat mengundang polusi udara yang berupa debu - debu cor. debu tersebut di hisap dan di filter agar ruangan tetap bersih, bahkan debu yang sidah dipisahkan dengan udara dapat didaur ulang lagi menjadi kusen kembali.


dust collector

Dust collector pada pabrik pengecoran logam
Prosses pencetakan besi tuang banyak mengeluarkan asap, apabila asap itu dibiarkan saja tentunya akan membuat polusi udara dalam ruangan produksi  yang sangat mengganggu pekerja diruangan tersebut. Fungsi dust collector disini adalah mengontrol polusi udara dalam ruangan pencetakan besi tuang atau ruangan colling zone agar tetap bersih dan bebas dari polusi udara.

dust collector
dust collector


Tambahan:
Bahkan pada dapur restauran ataupun rumah tangga dapat menggunakan sistem dust collector untuk mengurangi polusi asap yang ada di dapur.
Pada home industri loundry dengan scope besar dust collector dapat dijadikan alternatif untuk membuat lingkungan kerja menjadi bersih.
Tentu dust collector sangat dibutuhkan untuk industri atau kawasan yang rentan terhadap polusi udara. Untuk melihat penjelasan tentang dust collector dan teknologi rekayasa lainnya, silahkan kunjungi blog ini.